Saturday, August 11, 2018

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Kera (Anacardium Occidentale L.)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Monyet (Anacardium occidentale L.)-halo spbat budidaya-petani.com.pada kali ini admin akan membuatkan artikel pertanian perihal Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Jambu Mete atau lebih di kenal Jambu Monyet.Jambu Mete atau Jambu Monyet Memiliki Nama Latin atau Nama Ilmiah Anacardium occidentale L.Tanaman Jambu Mete atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Jambu Monyet mempunyai nama latin Anacardium occidentale L. Tanaman jambu mete cukup unik alasannya yaitu biji dari jambu ini berada diluar daging buah. Biji inilah yang nantinya akan diolah lebih lanjut menjadi kacang mete yang mempunyai nilai hemat cukup tinggi. Biasanya kacang mete dipakai oleh pabrik coklat sebagi materi pelengkap untuk produk coklat.

Klasifikasi Tanaman Jambu Mete

Kingdom : Plantae 
Divisi : Magnoliophyta 
Kelas : Magnoliopsida 
Ordo : Sapindale
Famili : Anacardiaceae
Genus : Anacardium
Spesies : Anacardium occidentale L


Morfologi Tanaman Jambu Mete
Jambu Mete atau Anacardium occidentale ini berbentuk pohon yang mempunyai batang berkayu (lignosus), berbentuk silindris, berpermukaan agak kasar, mempunyai percabangan monopodial. Arah pertumbuhan batang tumbuhan tegak dan juga lurus, arah tumbuh dari cabang ada yang agak condong ke atas dan ada pula yang cenderung mendatar.

Daun tumbuhan ini merupakan daun tunggal yang hanya bertumbuh di bab ujung-ujung ranting. Daun pada tumbuhan Anacardium occidentale L. merupakan daun yang terkategorikan tidak lengkap alasannya yaitu hanya mempunyai tangkai daun (petiolus) dan juga helaian daun (lamina). Lazimnya, daun tumbuhan ini disebut daun bertangkai. Daun dari tumbuhan ini terkategorikan sebagai daun yang bertangkai pendek (1,5-3 cm), daun ini sendiri berbentuk bundar telur sungsang dan mempunyai guratan rangka daun yang terlihat terperinci bundar telur dan terbalik.

Kebanyakan dengan pangkal runcing serta ujung membulat. Helaian daun bersifat tunggal, warna hijau kekuningan hingga hijau bau tanah kecoklatan, panjangnya sekitar 4 cm hingga 22 cm, lebar daun 2 cm hingga 15 cm, ujung daun agak membulat (rotundatus) tidak terbentuk sudut daun sama sekali, pangkal daun dari tumbuhan ini berbentuk runcing (acutus) yakni jikalau kedua bab tepi daun di kanan dan kiri ibu tulang bertahap menuju ke arah atas dan pertemuanya pada puncak daun membentuk sebuah sudut lancip (yang kurang dari 90ยบ).

Tepi daun tumbuhan ini cenderung rata (integer), tulang daun agak menyirip (penninervis) mempunyai satu ibu tulang yang berjalan dari pangkal ke arah ujung dan merupakan jalan masuk dari bab tangkai daun, permukaan atas dan juga bawah daun terasa sedikit licin (laevis) terlihat agak mengkilat (nitidus), dan juga daging daun nya tergolong coriaceus. Tangkai daun tumbuhan ini berbentuk silindris dan cenderung tidak menebal pada bab pangkalnya.

sekian mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Mete Anacardium occidentale L

No comments:

Post a Comment