Friday, August 10, 2018

Inilah Jenis Tanah Yang Baik Untuk Tanaman, Kau Harus Tahu!


Inilah Jenis Tanah yang Baik untuk tanaman, Kamu harus tahu!-Kegiatan bercocok tanam pastinya tidak akan jauh dari yang namanya tanah. Tanah merupakan elemen yang penting bagi tanaman, sebab mengandung unsur hara yang baik bagi kelangsungan hidup tanaman. Meskipun tanah sangat baik untuk tanaman, ternyata tidak semua jenis tanah dapat dipakai loh! Inilah jenis tanah yang baik untuk tanah, kau harus tahu!

Jenis tanah yang baik untuk tanaman

Beberapa jenis tanah yang baik untuk tumbuhan yaitu sebagai berikut, antara lain :
1. Tanah Regosol
Salah satu jenis tanah yang baik untuk tumbuhan yaitu tanah regosol. Tanah merupakan hasil dari pelapukan material yang dikeluarkan oleh acara gunung merapi ibarat abu dan lahar. Tanah regosol sangat cocok untuk tumbuhan yang tidak memerlukan banyak ibarat palawija. Hal ini sebab tanah jenis ini mempunyai sifat yang sulit untuk menampung banyak air.

2. Tanah Orgonosol
Tanah orgonosol merupakan jenis tanah yang baik untuk tanaman, sebab terbentuk dari pelapukan materi - materi organik. Secara fisik, jenis tanah ini akan gampang ditemukan di kawasan rawa - rawa dan terkesan lebih lembek daripada jenis tanah lainnya.
Tanah orgonosol mempunyai dua jenis tanah yang dikenal cukup subur sebagai media tanam, yaitu tanah humus dan tanah gambut. Dalam dunia pertanian, jenis tanah tersebut banyak dipakai untuk menanam padi.

3. Tanah Latosol
Tanah Latosol berasal dari pelapukan kerikil sedimen atau metamorf yang mengandung banyak unsur hara. Salah satu kelebihannya yaitu dapat menahan abrasi sebab sifatnya yang dapat menyerap air dengan sangat menakjubkan. Beberapa tumbuhan yang dapat ditanam dengan memakai tanah latosol yaitu padi, aneka macam jenis sayuran dan juga buah - buahan.

4. Tanah Laterit
Jenis tanah yang banyak ditemukan di Kalimantan dan Sulawesi ini mengandung unsur hara yang sangat sedikit. Namun meskipun begitu, tanah laterit cukup subur untuk ditanami aneka macam tumbuhan ibarat kelapa dan juga jambu mete.

Demikian pembahasan mengenai jenis tanah yang baik untuk tanaman. Untuk itu, penting bagi kita dalam menjaga kelestarian tanah dan juga tumbuhan yang nantinya akan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

No comments:

Post a Comment