Friday, August 10, 2018

Cara Menanam Hidroponik Yang Mudah Dan Murah

Cara Menanam Hidroponik yang Simpel dan Murah -Di kawasan pedesaan mungkin akan sangat gampang untuk menanam aneka macam jenis tumbuhan menyerupai padi, sayur - sayuran maupun buah - buahan alasannya yaitu ketersediaan lahan. Namun berbeda dengan masyarakat perkotaan yang bahkan tidak mempunyai cukup lahan untuk bercocok tanam. Salah satu solusinya yaitu menanam hidroponik di rumah. 

Meskipun cukup populer, namun ternyata menanam hidroponik masih tergolong sulit bagi orang awam. Nah, lantas bagaimana cara menanam hidroponik yang mudah dan murah? Yuk simak ulasan berikut. 

Cara Menanam Hidroponik yang Simpel dan Murah 

1.Pertama, siapkan media semai yang berupa rocwool, benih tumbuhan menyerupai sawi, kangkung ataupun sayuran hijau lainnya, botol bekas air mineral, dan juga pupuk sebagai nutrisi hidroponik. 

2.Kemudian lakukan penyemaian dengan cara membasahi rocwool dengan air yang selanjutnya diberi benih sayuran hijau tadi. Simpan di tempat teduh dan gelap sampai berkecambah selama 2-3 hari. Lalu pindahkan ke dalam media tanam yang berada pada botol bekas air mineral. 

3.Masukkan pupuk sebagai nutrisi hidroponik pada botol bekas bab bawah yang tadi sudah terpotong menjadi dua. Kemudian tutup botol bab bawah dengan botol bab atas dengan posisi terbalik. Setelah ditutup, tambahkan media tanam berupa rockwool, cocopeat dan juga sekam bakar sebagai tempat perambatan akar tanaman. 

4.Untuk perawatan tumbuhan hidroponik ini sendiri sesungguhnya tidak terlalu rumit, namun pastikan untuk menawarkan nutrisi yang sempurna biar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik. Sebaiknya gunakan pula tumbuhan yang mempunyai tingkat daya tumbuh yang tinggi, menyerupai tomat, cabai, sawi, kangkung, selada, bayam, dan juga aneka macam sayuran hijau lainnya. 

5.Selain itu, perhatikan pula intensitas cahaya matahari dan jumlah asupan air untuk tumbuhan hidroponik. Karena kalau tumbuhan hidroponik ditempatkan pada tempat yang terlalu panas akan menjadikan penguapan dan membuatnya cepat layu. Dengan menanam tumbuhan hidroponik, tentunya akan menguntungkan secara finansial dan juga sangat efisien. 

Demikian gosip mengenai bagaimana Cara Menanam Hidroponik yang Simpel dan Murah. Cukup gampang dilakukan bukan? Semoga bermanfaat. 



No comments:

Post a Comment